Main menu

DPMPTSP Galakkan Pemahaman Izin Usaha ke Pelaku Bisnis

DPMPTSP dalam rangka mengimplementasikan Tema Pembangunan tahun 2018 yaitu Kreatif dan Inovatif Bersama Mitra, melaksanakan kegiatas Sosialisasi Pelayanan Perizinan dan Non Perizinan dengan menggandeng kalangan pengusaha, perbankan, kecamatan dan dinas terkait. Pengusaha sebagai mitra dari Pemerintah sebagai komponen penggerak ekonomi Kota Magelang perlu terus digandeng untuk mewujudkan Magelang sebagai Kota Jasa.

Untuk maksud tersebut Kota Magelang melalui DPMPTSP kembali mensosialisasikan tentang Isin Usaha baik perdagangan maupun industri ke pelaku bisnis terkait.  Acara diselenggarakan di Gedung Pertemuan Bakorwil II Eks Karesidenan Kedu, pada Senin 7 Mei 2018.  Kegiatan ini merupakan rangkaian dari kegiatan sosialisasi sebelumnya tentang Surat Izin Tempat Usaha bagi pedagang pasar.

Acara dibuka dengan sambutan oleh Kepala DPMPTSP Kota Magelang, M Abdul Azis, S.H. Dalam sambutannya, Kadinas menyampaikan bahwa sosialisasi tidak saja ditujukan untuk meningkatkan pengetahuan pelaku usaha, akan tetapi juga ditujukan kepada perbankan di Kota Magelang. Hal ini sejalan dengan Visi Kota Magelang sebagai Kota Jasa sehingga sudah semestinya pengusaha mendapatkan perhatian dari Pemerintah Kota.

Narasumber yang dihadirkan pada acara ini dari Penyuluh pada Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Jawa Tengah yaitu Amir, SE dan Munartik, SE, serta Drs Priyono dari PMPTSP Kota Magelang. Sedangkan materi yang disampaikan yaitu Surat Izin Usaha Perdagangan (SIUP), Tanda Daftar Perusahaan (TDP), Izin Usaha Industri (IUI) dan Tanda Daftar Industri (TDI) serta Izin Usaha Mikro Kecil (IUMK) yang dilaksanakan melalui Pelayanan Administrasi Terpadu Kecamatan (PATEN).

Selain itu disampaikan pula hal yang berkaitan dengan kemudahan berusaha dan penyederhanaan perizinan sesuai dengan peraturan terbaru yang telah dikeluarkan oleh pemerintah, serta pelayanan perizinan dan non perizinan yang diselenggarakan di DPMPTSP Kota Magelang.

Hasil dari sosialisasi ini bagi pelaku usaha adalah dapat memenuhi ketentuan perizinan yang diperlukan, serta bagi perbankan dapat lebih memberikan pemahaman mengenai penilaian usaha bagi pengajuan permodalan yang diajukan oleh kalangan pengusaha.  Keselarasan pemahaman tersebut diharapkan dapat meningkatkan iklim usaha yang lebih kondusif utamanya di Kota Magelang.

Kegiatan dihadiri oleh lebih dari 30 orang dari  pelaku industri, kalangan usaha dan pelaku bisnis lainnya serta perbankan di Kota Magelang. Berikut dokumentasi kegiatan Sosialisasi tersebut.

  • 01_1525662383889
  • 02_1525668738047
  • 03

 

 
 

FacebookTwitter RSS