Main menu

DPMPTSP Kota Magelang Ikuti Jelajah Negeri Bangun Antikorupsi

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) melaksanakan Roadshow Bus KPK di Kota Magelang dengan mengambil tema "Jelajah Negeri, Bangun Antikorupsi". Pembukaan berlangsung di Aloon-Aloon Kota Magelang, Jumat 19 Oktober 2018, dihadiri oleh Pimpinan KPK Saut Situmorang bersama Walikota Magelang Sigit Widyonindito dan jajaran pejabat di Pemerintah Kota Magelang.

Kegiatan disertai dengan pembukaan berbagai layanan publik di Kota Magelang termasuk DPMPTSP Kota Magelang.  DPMPTSP membuka layanan Online Single Submission (OSS) untuk perizinan berusaha, pelayanan pemutihan Izin Mendirikan Bangunan Tahun 2018 serta pelayanan izin daerah lainnya.  Semua pelayanan dapat dilakukan melalui sistem yang sudah terkoneksi secara online.

Kegiatan pelayanan tersebut berlangsung selama tiga hari, dengan penjadwalan dua hari di Aloon-Aloon Magelang dan hari ketiga berlokasi di Lapangan Rindam bersamaan dengan kegiatan Car Free Day Kota Magelang.  Selain itu, agenda yang dijalankan KPK di tiap daerah adalah :

  1. Edukasi Antikorupsi untuk pelajar dan masyarakat umum.
  2. Sosialisasi e-LHKPN.
  3. Sosialisasi Gratifikasi.
  4. Monitoring dan Evaluasi Korsupgah.
  5. Sosialisasi dan FGD Aplikasi JAGA
  6. Kuliah Umum di kampus.
  7. Sosialisasi pengaduan masyarakat.
  8. Kolaborasi publikasi upaya antikorupsi dan pelayanan publik.

Selepas membuka acara, Pimpinan KPK berkesempatan meninjau pelayanan perizinan di DPMPTSP Kota Magelang di Jl. Veteran No.7 didampingi oleh Sumartono selaku Pj Sekda dan Muchamad Abdul Azis sebagai kadinas. Pada kesempatan tersebut KPK mendalami proses pelayanan perizinan berusaha melalui Online Single Submission yang tengah diajukan oleh seorang pemohon di Gerai Perizinan Provinsi di DPMPTSP Kota Magelang.

Seperti diketahui, terdapat Gerai Perizinan Provinsi di DPMPTSP Kota Magelang yang dapat melayani perizinan yang dikelola oleh DPMPTSP Provinsi Jawa Tengah, sehingga pemohon dari wilayah eks Karesidenan Kedu dan sekitarnya tidak perlu harus ke Semarang untuk pengajuan izin, cukup dilayani di Kota Magelang dengan standar pelayanan yang sama.

Kadinas menyampaikan bahwa Satgas Percepatan Berusaha di Kota Magelang sudah mulai dijalankan untuk mengawal perizinan berusaha yang diinisiasi oleh pemerintah pusat.  Pada kesempatan tersebut KPK juga secara simbolis menyerahkan perizinan berusaha yang baru saja diproses penerbitannya kepada seorang pemohon.

Kegiatan ini memperkuat peran DPMPTSP Kota Magelang yang selama ini mengemban motto "No Korupsi, No Gratifikasi" dalam setiap pelayanan perizinan.  Kota Magelang juga secara serius melaksanakan Rencana Aksi Pencegahan dan Pemberantasan Korupsi sebagai program dari Koordinasi dan Supervisi Pencegahan (Korsupgah) korupsi KPK.

Berikut dokumentasi kunjungan Pimpinan KPK di DPMPTSP Kota Magelang.

  • 002
  • 003
  • 004
  • 005
  • 006
  • 007

FacebookTwitter RSS