Main menu

Sosialisasi Penanaman Modal Bagi Para Investor di Kota Magelang

Untuk memperkenalkan tahap penerbitan perizinan dengan mekanisme OSS dan pelaporan LKPM (Laporan Kegitan Penanaman Modal) bagi para investor, Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu satu Pintu Kota Magelang Melaksanakan Sosialisasi Penanaman Modal Bagi Para Investor di Kota Magelang pada hari Selasa (19/02) bertempat di The Oxalis Regency Hotel.

Salam sosialisasi tersebut mengundang peserta dari para pengusaha Kota Magelang yang sudah terdaftar dan memiliki NIB (Nomor Induk Berusaha) dan mempunyai realisasi investasi diatas Rp 500.000.000, - dengan menghadirkan narasumber Abidin Ahmad Zuhri dan Maulana Habib Fahmi dari BPMD Provinsi Jawa Tengah.

Dalam acara tersebut kedua narasumber menjelaskan tentang tahapan penerbitan perizinan berusaha sesuai dengan PP Nomor 24 Tahun 2018 yang mekanismenya sudah menggunakan sistem OSS (Online Single Submission). Dengan harapan, diterapakanya mekanisme baru tersebut ada perubahan sikap dari pelaku usaha yang sungguh-sungguh dan serius untuk merealisaskian investasi dengan konsekuensi, bila pemenuhan komitmen melewati batas waktu maka perizinan tidak berlaku/dicabut serta perubahan sikap dari aparatur pemerintah yang lebih responsif dengan konsekuensi, bila dalam pengecekan pemenuhan komitmen pelaku usaha lalai maka izin dianggap efektif.

Selain penjelasan tentang tahapan penerbitan perizinan di sosialisai tersebut juga menjelaskan tentang teknis pelaporan LKPM secara online serta permasalahan kepatuhan penyampaian LKPM. LKPM yang dilaporkan oleh pelaku usaha bermanfaat bagi penanam modal maupun pemerintah, dikarenakan dengan laporan tersebut dapat menegtahui sejauh mana investasi yang direncanakan dapat direalisasikan serta menyelesaikan persoalan yang dihadapi para insvestor baik pada saat persiapan, pelaksanaan pembangunan atau pun operasi produksi/komersial dan masukan untuk kebijakan dan arah pembangunan dibidang investasi. Dengan ada nya sosialisasi ini diharapkan kesadaran pelaku usaha untuk melakukan pendaftaran perizinan melalui mekanisme OSS dan Kesadaran Penyampaian LKPM secara Online.

 

FacebookTwitter RSS